Sosialisasi untuk Orang Tua tentang Pecegahan dan Penanggulangan Stunting

  • Aug 14, 2023
  • Webadmin Cubadak Mentawai

Cubadak Mentawai – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan tumbuh kembang anak sejak dini. Pemeintah Desa Cubadak Mentawai mengadakan Sosialisasi untuk Orang Tua tentang Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Kantor Desa Cubadak Mentawai.

Stunting adalah masalah gizi kronis kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan dan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun.

Narasumber pada acara ini dari Puskesmas Air Santok Ibuk Isneli Warni, SKM dan Ika Septia Maulana, SIP dari DP3AKB Kota Pariaman.

Materi yang disampaikan adalah :

  1. Penyebab Masalah Stunting
  2. Bagaimana cara mencegah Stunting
  3. Disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter.  Perlu juga memenuhi asupan nutrisi yang baik selama kehamilan. Dengan makanan sehat dan juga asupan mineral seperti zat besi, asam folat dan yodium harus tercukupi
  4. Gaya Hidup Bersih dan Sehat
  5. Perhatikan jadwal imunisasi rutin yang diterapkan oleh Pemerintah agar anak terlindungi dari berbagai macam penyakit.
  6. ASI Ekslusif
  7. Pemantauan tumbuh kembang
  8. Pola makanan
  9. “1000 Hari Pertama Kehidupan sangat penting karena seluruh organ penting dan sistem tubuh mulai terbentuk dengan pesat.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua TP. PKK, Bidan Desa, Kader, dan Ayah dan Bunda yang mempunyai Balita, Ibu menyusui, serta Mahasiswa KKN UNAND Padang.