Sosialisasi PHBS

  • Jun 12, 2023
  • Webadmin Cubadak Mentawai

Cubadak Mentawai - Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat. Pemerintah Desa Cubadak Mentawai mengadakan kegiatan Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Kantor Desa Cubadak Mentawai, Senin (12/06/23).

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Jadi, Setiap individu harus memiliki kesadaran sendiri dan berperan aktif dalam mempraktikkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Narasumber pada kegiatan ini adalah :       1. Dr. Elsesmita, Sp. P

                                                                         2. Isneli Warni, SKM (Kapus Air Santok)

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat.

Terdapat beberapa indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga yang dapat dijadikan acuan untuk mengenali keberhasilan dari praktek perilaku hidup bersih dan sehat pada tingkatan rumah tangga. Berikut ini 10 indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga :Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan

  1. Memberi bayi ASI eksklusif
  2. Menimbang bayi dan balita
  3. Menggunakan air bersih
  4. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
  5. Menggunakan jamban sehat
  6. Memberantas jentik di rumah
  7. Makan buah dan sayur setiap hari
  8. Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  9. Tidak merokok di dalam rumah

Menerapkan PHBS di rumah tangga tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan. Manfaat PHBS di Rumah tangga antara lain, setiap anggota keluarga mampu meningkatkan kesejahteraan dan tidak mudah terkena penyakit, rumah tangga sehat mampu meningkatkan produktifitas anggota rumah tangga dan manfaat PHBS rumah tangga selanjutnya adalah anggota keluarga terbiasa untuk menerapkan pola hidup sehat dan anak dapat tumbuh sehat dan tercukupi gizi.

Turut hadir Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua BPD, Bhabinkamtibmas, Ketua PKK, Anggota PKK, Kader Balita dan Lansia dan Tokoh Masyarakat Desa Cubadak Mentawai.