PENILAIAN ADHIKARYA PANGAN NUSANTARA (APN) TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT

  • Sep 07, 2023
  • Webadmin Cubadak Mentawai

Penilaian Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kantor Desa Cubadak Mentawai, Jum'at (01/09/23).

Desa Cubadak Mentawai merupakan Desa yang ke-12 yang dikunjungi Tim Penilai dari 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yang mengikuti Penilaian Pangan Nusantara (APN) Tingkat Sumatera Barat.

Kedatangan Tim Penilai disambut dengan Tari Pasambahan dan Gandang Tasa dari Sanggar Seni Gatah Mamikek Desa Cubadak Mentawai.

Pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat. Ketahanan Pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dan jumlah maupun mutunya aman, merata dan terjangkau.

Peran Kepala Desa dalam memotivasi dan menggerakkan masyarakat untuk selalu berupaya meningkatkan pendapatan dan mampu menyediakan pangan dikala kondisi pangan sedang mengalami kerawanan sangatlah diharapkan.

Acara ini dihadiri oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Bapak Camat Pariaman Timur, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa, Ketua TP. PKK, BPD, LPM, Kelompok Tani dan masyarakat Desa Cubadak Mentawai.