Pemdes Cubadak Mentawai menerima Kunjungan dari Brac International

  • Jul 20, 2023
  • Webadmin Cubadak Mentawai

Cubadak Mentawai - Pemdes Cubadak Mentawai menerima Kunjungan Brac International di Kantor Desa Cubadak Mentawai, Rabu (19/07/23).

Kedatangan rombongan ini disambut dengan Tari Pasambahan dan Tari Piring dari Sanggar Seni Gatah Mamikek Desa Cubadak Mentawai. Ikut dalam rombongan ini Abdurahman Syebubakar (Country Lead Brac Indonesia), Paul Taylor dari Amerika Serikat, Stephanie Brockerhoff dari Inggris, Arnaldo Pellini dari Jerman, Puji Dwi Antono, Ferdian Rahmadya, dan Arviantoro.

Kunjungan Brac International bertujuan untuk mengeksplor potensi kerja sama dengan Pemerintah yang ada di Sumatera Barat termasuk Kota Pariaman khususnya Desa Cubadak Mentawai dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan yang telah dilakukan oleh Pemdes Cubadak Mentawai yang dibantu oleh Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Cubadak Manih.

Puskesos merupakan lembaga yang dibentuk oleh desa untuk memudahkan warga miskin dan rentan miskin di desa untuk menjangkau layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, Provinsi, Kota, Pemerintah Desa dan Swasta. Dimana Pemerintah Desa diharapkan menyediakan kontribusi aturan dan anggaran untuk pelaksanaan Puskesos. Puskesos juga merupakan program yang dibentuk Kementerian Sosial Republik Indonesia yang bertujuan untuk penyelarasan data masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan pemerintah atau menyandang masalah kesejahteraan sosial. Puskesos membantu pemerintah untuk menargetkan sasaran masyarakat yang benar-benar berhak mendapatkan bantuan sosial.

Turut hadir Kepala Bappeda Kota Pariaman, Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman beserta rombongan, Camat Pariaman Timur, Kepala Desa, Ketua TP. PkK, Perangkat Desa, Ketua LPM dan masyarakat Desa Cubadak Mentawai serta Mahasiswa KKN UNP dan UNAND Padang.