Sosialisasi Pemberantasan TB untuk masyarakat Desa Cubadak Mentawai

  • May 28, 2024
  • Webadmin Cubadak Mentawai

Dalam rangka mencegah Penularan Penyakit TB dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Desa Cubadak Mentawai. Pemerintah Desa Cubadak Mentawai mengadakan acara Sosialisasi Pemberantasan TB (Tuberkolosis) di Puskesmas Air Santok, Selasa (28/05/24).

Kegiatan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat Desa Cubadak Mentawai akan TB serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang pencegahan penularan, pemeriksaan dan pengobatan TB yang berkualitas dan mengajak masyarakat untuk berperan bersama dalam upaya pencegahan dan pengendalian TB.

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Bapak Kepala Desa Azwirman, SIQ, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan, materi sosialisasi ini sangat penting untuk kita ketahui, setidaknya kita bisa melindungi keluarga kita terlebih dahulu.

Tuberkulosis atau yang biasa disebut awam sebagai flek paru adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB. Tuberkulosa (TBC) adalah suatu penyakit yang paling sering menyerang paru-paru.

Beberapa Cara Mencegah TBC

1. Hindari kontak dengan penderita TBC. Ketika penderita TBC batuk, bersin, atau bicara, dia akan memercikkan droplet yang mengandung bakteri TBC ke udara.

2. Gunakan masker

3. Cuci tangan

4. Jaga daya tahan tubuh.

5. Tidak bertukar barang pribadi.

6. Dapatkan vaksin.

Kegiatan ini dihadiri juga Bapak Camat Pariaman Timur, Ketua TP. PKK Desa, Kepala Dusun, Bidan Desa, Ketua BPD, LPM, Kader, Anggota PKK serta masyarakat Desa Cubadak Mentawai.